Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Luar Sekolah


Kunci Jawaban Luar Sekolah

Jojo lupa tidak membawa bekal sekolah sehingga saat jam istirahat ia tidak makan siang dan minum .Jojo merasa lapar dan haus mau keluar sekolah untuk membeli makanan dan air minum tapi. tidak bisa karen pintu gerbang sekolah di Kunci di jaga satpam Apalagi sudah tertulis peraturan bahwa, setiap jam istirahat siswa dilarang keluar.ketika Roberto mengetahui hal tersebut dia tetap diam dan hanya memperhatikan. ia tidak mau menolong sebab dalam hati Roberto berasa ia bukan satu golongan dengan dirinya .Roberto mau menolong hanya pada teman-teman yang satu golongannya saja,Bagaimana pendapatmu dengan kejadian tersebut??jelaskan alasannya berkaitan dengan solidaritas dan kemajuanjawab:​

Daftar Isi

1. Jojo lupa tidak membawa bekal sekolah sehingga saat jam istirahat ia tidak makan siang dan minum .Jojo merasa lapar dan haus mau keluar sekolah untuk membeli makanan dan air minum tapi. tidak bisa karen pintu gerbang sekolah di Kunci di jaga satpam Apalagi sudah tertulis peraturan bahwa, setiap jam istirahat siswa dilarang keluar.ketika Roberto mengetahui hal tersebut dia tetap diam dan hanya memperhatikan. ia tidak mau menolong sebab dalam hati Roberto berasa ia bukan satu golongan dengan dirinya .Roberto mau menolong hanya pada teman-teman yang satu golongannya saja,Bagaimana pendapatmu dengan kejadian tersebut??jelaskan alasannya berkaitan dengan solidaritas dan kemajuanjawab:​


Jawaban:

tidak, karena roberto seharusnya berbagi dengan jojo karena berbagi itu indah, memang berbeda tetapi mengapa tidak berbagi. kalau kamu punya uang jajan lebih, bagi lah kepada teman yg membutuhkan nya karena berbagi akan mendapat pahala dari tuhan.

karena sesungguhnya tuhan itu tidak pelit

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU :)

2. Bacalah kutipan cerita diPeduli Terhadap Kebersihan LingkunganMenjaga kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama yang harus dilakukan olehsetiap masyarakat. Lingkungan yang bersih akan memberikan kenyamanan bagi setiap orang danmenciptakan lingkungan yang sehat dan bersih. Peduli terhadap kebersihan lingkungan di mulaidari diri sendiri. Apabila setiap pribadi manusia sudah sadar akan kebersihan lingkungan makaakan membiasakan dirinya untuk menciptakan kebersihan lingkungan. Menjaga kebersihan adalahsebagian dari iman. Peduli akan kebersihan lingkungan sekitar dapat dilakukan baik di dalam rumah,lingkungan luar rumah seperti di sekolah.6. Apa judul cerita di atas ? Sebutkan kata kunci dari judul di atas !Jawab:7. Apakah informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci pada judul?Jawab :8. Apa yang dimaksud dengan makna denotatif ?Jawab:9. Buatlah 2 judul bacaan non fiksi!Jawab10. Apa ciri-ciri dari bacaan non fiksi?Jawab​


Jawaban:

6 . lingkungan

7.lingkungan tempat tinggal kita

8. maaf TDK tahu

9.lingkungan TDK menyenangkan, lingkungan jelek

10.tdk beraturan,TDK sesuai fakta

TRIms jangan lupa ikuti ya


3. kak bantuin yajudul:Sehat di Sekolah, Sehat di Rumahteks:Rudi dan Tia merupakan siswa SD Negeri Melati, semua siswa di SD Negeri Melati selalu diajarkan untuk mempraktikkan pola hidup sejak dini. Kantin sekolah yang dikelola oleh orang tua, menyediakan makanan dalam ragam yang sederhana, tetapi sehat. Bubur kacang hijau, buburayam,urapjagung, dan susukedelal adalah menu andalan yang diminati siswa. Secara bertahap, sejak pertama kali masuk di kelas 1, siswa diberikan penyuluhan oleh petugas Dinas Kesehatan agar dapat memahami bahwa jajanan di luar sekolah banyak mengandung zat-zat berbahaya bagi tubuh. Memang sekilas dari penampilannya, jajanan tersebut tampak menggiurkan, tetapi siapa sangka bahan pewarna, perasa, atau pengawet yang digunakannya dapat memicu seribu satu penyakit yang sangat berbahaya. Setelah mendengarkan penyuluhan ini, tanpa dilarang pun siswa umumnya memilih penganan sehat yang dijual di kantin daripada membeli dari luar sekolah.Hidup bersih juga dijadikan pola harian yang diterapkan warga sekolah. Membuang dan memilah sampah sesuai tempatnya, rutin berolah raga, serta mencuci tangan tidak perlu lagi diingatkan Bahkan antara siswa sendiri secara spontan saling mengingatkan dan mendorong siswa lain untuk menjalankan pola hidup bersih.Lingkungan SD Negeri Melati terlihat bersih dan asri. Beragam pohon dan aneka bunga dipelihara oleh siswa. Di pojok sekolah terdapat area apotek hidup. Siswa menanam sendiri beragam tanaman obat di sana. Selain mempelajari tumbuh kembangnya, secara berkelompok siswa mengolah hasilnya sesuai fungsi masing-masing tanaman obat. Dengan demikian, siswa merasakan sendiri betapa bermanfaat hasil tanamnya sebagai obat-obatan tradisional. Rudi dan Tia bangga menjadi siswa di SD Negeri Melati. Sekolah mendidik mereka untuk menjadi agen hidup sehat bagi lingkungan. Tidak hanya di sekolah, Tia, Siti dan teman-temannya aktif menyebarluaskan pengetahuan tentang hidup bersih dan sehat dan menggerakkan warga di sekitar untuk mempraktikkannya. Bukankah ilmu yang diperoleh di sekolah memang sudah seharusnya diteruskan ke lingkungan?soal:B. Coba temukan kata kunci pada teks bacaan di atas, kemudian tuliskan perkiraan informasi yang terdapat pada teks bacaan berdasarkan kata kunci yang kamu temukan! Tuliskan pada kolom di bawah ini!kata kunci1.2.3.45.perkiraan informasi pada teks berdasarkan kata kunci1.2.3.4.5.C. Jawablah pertanyaan seputaran bacaan di atas!3. bagaimanakah keadaan sekolah rudi? 4. bagaimanakah penerapan hidup bersih di sekolah rudi? 5. siapakah yang memberikan penyuluhan tentang jajan sehat di sekolah rudi?​


Jawaban:

3 bersih dan asri

4membuang dan memilah sampah sesuai tempatnya

5 petugas


4. Kakak, tolong susun kalimat dibawah. Hanya tulis nomornya saja di jawaban. Tolong dijawab serius. Terimakasih. MENJADI MOTIVATOR PENDIDIKAN 1. Nabi Muhammad mengatakan bahwa manusia harus belajar dari buaian sampai liang kubur. 2. Bersiaplah untuk bersaing dengan rekan-rekan Anda di seluruh dunia yang menghadapi globalisasi. 3. Lebih dari 11 juta orang Indonesia buta huruf. 4. Pemerintah kami memiliki rencana untuk merekrut hingga 200 profesor dari 100 universitas top dunia untuk mengajar di Universitas Negeri Indonesia. 5. Menyediakan pendidikan yang baik adalah kunci untuk mengangkat orang keluar dari kemiskinan. 6. Untuk meningkatkan niat belajar siswa. 7. Jangan menyerah belajar! Namun usahakan yang terbaik untuk mencapai tujuan Anda. Tidak ada yang tak mungkin. 8. Hindari penundaan pada tugas Anda dan secara teratur belajar untuk ujian. 9. Sekolah kejuruan harus ditingkatkan.


Jawaban:

3-5-6-4-9-2-8-7-1


5. Remaja dan Lingkungan Masa remaja adalah tahapan untuk melangkah ke tahap dewasa. Persiapan matang disaat remaja adalah bekal untuk melangkah ke dunia dewasa. Masa remaja yang dipenuhi oleh rasa kepedulian menjadi bekal saat menginjak dewasa. Masa remaja selalu diselimuti oleh perasaan ingin tahu yang tinggi. Rasa ingin mencoba sesuatu yang baru dan menjadi masa untuk mencari jati diri yang sesungguhnya. Tidak heran, jika masa remaja yang tidak bisa terkendali akan mudahtergelincir ke hal-hal yang tidak sepantasnya. Bagaimana dengan kepedulian remaja terhadap lingkungan hidup? Lingkungan hidup. merupakan tempat kita berpijak dan menghirup udara segar sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Rasa kepedulian remaja terhadap lingkungan perlu diapresiasi setinggi mungkin. Remaja perlu memahami tentang lingkungan hidup yang merupakan hal penting. Perlakuan lingkungan hidup yang salah akan memberikan dampak negatif luar biasa. Banyak hal yang telah merusak kondisi lingkungan hidup. Kejadian tanah longsor, banjir, menumpuknya sampah di aliran sungai, maupun aksi vandalisme di tempat wisata merupakan contoh perilaku tidak baik terhadap lingkungan hidup. Remaja harus siap menyingsingkan bajunya untuk ikut andil dalam mencegah atau mengatasi dampak negatif yang terjadi pada lingkungan hidup.Remaja juga harus memahami bahwa dampak membuang sampah sembarangan akan berpengaruh besar terhadap lingkungan. Sampah-sampah yang dibuang sembarangan ke sungai makin lama akan menumpuk dan membentuk gunungan yang akan mengganggu aliran air. Bukan hanya itu, tumpukan sampah tersebut akan berpengaruh besar terhadap kualitas air. Dampaknya akan membuat bau yang tidak sedap dan menyebabkan berbagai penyakit bagi masyarakat di sekitar.Itulah sebabnya, peran serta untuk memanfaatkan fungsi lingkungan hidup menjadi tanggung jawab besar di pundak remaja. Ajakan positif akan berdampak ke arah yang positif juga. Siswa sekolah juga perlu berpartisipasi dalam mengelola lingkungan hidup di tempat tinggalnya dan lingkungan sekolah. Perlunya menjaga kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab yang tidak bisa ditawar lagi. Penanaman pohon-pohon peneduh di lingkungan sekolah perlu digalakkan kembali. Penanaman tanaman obat juga mengajarkan remaja bahwa banyak tanaman berkhasiat yang ada di lingkungan kita.Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!1. Apa judul bacaan di atas? Jawab:2. Apa kata kunci pada judul bacaan di atas?Jawab: 3. Dari kata kunci yang kamu temukan, informasi apa yang dapat kamu peroleh?Jawab:4. Apa informasi yang kamu peroleh setelah membaca teks secara keseluruhan? Apakah informasi tersebut sesuai dengan informasi yang sebelumnya telah kamu perkirakan? Jawab:5. Tulislah informasi informasi yang terdapat dalam masing-masing paragraf! Jawab:​


Teks yang berjudul Remaja dan Lingkungan membahas tentang masa remaja yang penuh rasa ingin tahu dan secara langsung maupun tidak langsung memliki pengaruh pada lingkungan.

Pembahasan

1. Judul bacaan tersebut adalah Remaja dan Lingkungan

2. Kata kunci pada bacaan tersebut adalah "Remaja" dan "Lingkungan"

3. Dari kata kunci tersebut, didapat informasi sebagai berikut:

Remaja merupakan tahap manusia untuk menjadi seorang yang dewasa. Hal yang ditanamkan selama remaja akan memengaruhi sikapnya saat dewasa kelak.Lingkungan adalah sesuatu yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk tempat kita tinggal di bumi ini

4. Infromasi yang didapat adalah bahwa masa remaja yang dipenuhi kepedulian terhadap lingkungan akan menuai kebaikan pada lingkungan pula saat dirinya menjadi dewasa. Ya, informasi tersebut sesuai dengan apa yang telah diperkirakan.

5. Berikut adalah informasi dari tiap paragraf

Paragraf 1 : Pengertian masa remaja yang dipenuhi rasa penasaranParagraf 2 : Lingkungan yang merupakan tempat kita tinggal harus dijaga, termasuk oleh para remajaParagraf 3 : Membuang sampah sembarangan berdampak buruk untuk lingkunganParagraf 4 : Siswa yang telah memasuki tahap remaja harus ikut serta menjaga lingkungan seperti menanam pohon, manjaga kebersihan sekolah, dan lain-lain

Pelajari lebih lanjut

Pelajari tentang cara menemukan informasi dalam bacaan https://brainly.co.id/tugas/22517666

#BelajarBersamaBrainly


6. d. norma3.PILIHAN GANDAHak seorang siswa di sekolah adalahikut bertanggung jawab atas kebersihan, teamanan sekolanb. melengkapi diri dengan keperluan sekolahc. memperoleh pendidikan agama sesuai agama yang dianutnyad. menghormati guru dan saling menghargai sesama mundSetiap siswa harus menjaga sarana pendidikan yang ada di sekatan dengan baik. Ketika sarana tidakdengan baik maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan belajar akan terganggu Susayakegiatan belajar berjalan dengan baik maka siswa harus menjalankanSebagai siswa dengan penuhtaggung jawab.ar kewajibanc. sikapKeadaan untuk menerima akibat dari perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun yang dilakukanbersama dengan orang lain disebut...a tanggung jawabb. kewajibanchakd. normaTanggung jawab setiap warga Negara adalah...a. menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan menghindari sikap dan perilaku yang dileriminatifb. memiliki kedudukan yang sama di mata hokumc. mempunyai kebebasan memeluk dan menjalankan agama yang dipercayaid. menyuarakan pendapat mereka5. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah merupakan kewajibana guru dan siswasemua warga sekolahc. kepala sekolahd. penjaga sekolahBacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7!Menjaga suhu yang nyaman di rumah bisa dengan mengurangi perpindahan panas dan luar ke dalambangunan dan begitu pula sebaliknya. Sebisa mungkin, kita harus bisa menahan perpindahan suhu dingindari dalam ke luar bangunan. Kita dapat menggunakan pelapis yang berfungsi sebagai insulaci panas(proses yang digunakan untuk mengurangi laju perpindahan kalor) yang berasal dari konveksi, konduksidan radiasi.6. Kata-kata kunci yang tepat pada teks di atas adalah ....a panas dan bangunan by suhu dan kalorc. energi dan bendad. konduktor dan isolator7. Kalimat tanya yang tepat untuk teks di atas adalah...a. Bagaimana cara mengurangi perpindahan panas ke dalam ruangan?b. Mengapa suhu ruangan menjadi panas?c. Apa itu konduksi?d. Mengapa bisa terjadi radiasi?8. Kata-kata yang penting dan sering muncul di dalam sebuah teks disebuta. kata-kata kuncikata-kata penting​


Jawaban:

5. b.semua warga sekolah

3. d. Menghormati guru dan saling menghargai

Sesama murid

Penjelasan:

Sebelum nya semoga bermanfaat

Maaf cuman bisa 2


7. Bahaya Jajanan Tidak Sehat di Sekitar Sekolah.Terik matahari seakan membakar siang. Sekelompok siswa SD berhamburan keluar darisekolah. Di depan sekolah, berbagai jenis jajanan sudah berjajar menanti pelanggan ciliknya.Panasnya siang membuat para siswa tak segan merogoh uang di sakunya untuk membeliminuman dingin berwarna merah menyala. Sebagian lagi membeli bakso bertusuk lidi yangdicelup ke dalam saus yang tak kalah merah warnanya. Anak-anak tersebut tidak sadar betapabahaya menanti mereka. Mereka tidak paham bahwa beberapa tahun ke depan, merahnya sirupdan saus tersebut akan menggerogoti organ tubuh mereka.Pengawasan Badan POM dalam lima tahun terakhir menunjukkan, masih banyak jajanan anaksekolah yang tidak sehat. Dari hasil pemantauan, jajanan anak berkisar 40-44 persen mengandunghodamin, formalin, boraks serta pemanis buatan dalam kadar tinggi sering kali ditemukan di antaraajanan di sekitar SD. Sesungguhnya rhodamin adalah zat pewarna tekstil. Sementara itu, formalindalah bahan pengawet yang juga dipakai untuk mengawetkan jenazah. Adapun boraks adalahahan kimia yang kerap dipakai sebagai pencampur dalam pembuatan deterjen. Bayangkan reaksirgan tubuh kita ketika menerima bahan-bahan kimia berbahaya tersebut!h atau d pada pilihan jawaban yang tepat!soal:Apakah sifat Candi atas sudah sesuai dengan kata kunci yang terdapat dalam bacaan Tuliskan isi bacaannya ​


Jawaban:

Sudah, bacaan sesuai kata kuncinya yaitu bahasa jajanan di sekitar sekolah.

Penjelasan:

Kalimat yang mendukung yaitu

Dari hasil pemantauan, jajanan anak berkisar 40-44 persen mengandung

hodamin, formalin, boraks serta pemanis buatan dalam kadar tinggi sering kali ditemukan di antara jajanan di sekitar SD.


8. Berawal dari hobinya membaca buku-buku petualangan yang salah satunya adalah kisah si Indiana jones, perempuan bernama lengkap Saur Marlina Manurung atau lebih dikenal Butet ini memiliki tekad untuk membagikan ilmu bagi anak-anak rimba. Apakah tekadnya itu berhasil? Langkah awal yang ditempuh adalah meminta izin pada orang tuanya untuk mengajar di wilayah hutan. Butet prihatin pada kehidupan masyarakat pedalaman yang nomaden. Dari sinilah Butet merasa masyarakat rimba perlu mendapat pendidikan untuk melindungi mereka dari penindasan dunia luar. Mendapatkan izin, Butet menembus hutan belantara taman Nasional Bukit duabelas yang terletak di kabupaten Sarolangun,Jambi, Sumatera. Butet bertekad mengabdikan diri bagi suku, salah satu suku yang tinggal di Taman Bukit Dua Belas tersebut. Semangat serta pertaruhan hidup Butet sangat inspiratif. Butet memberi teladan untuk mengabdikan diri dan mencerdaskan bangsa bagi suku yang hidup serta mendiami hutan tersebut. Butet adalah pendiri Sokola Rimba. Sekolah rimba yang Butet buat tidak seperti sekolah formal pada umumnya yang memiliki bangunan tembok beratap. Sokola Rimba hanyalah sebuah danau kecil tidak berdinding dan selalu berpindah-pindah. Pendidikan yang diajarkan di sekolah rimba juga tidak sama dengan kurikulum sekolah pada umumnya . Di sana anak-anak diajarkan pendidikan dasar, baca, tulis, dan berhitung. Kendati demikian tidak semua niat baik bisa diterima dengan baik juga. Ada tantangan yang kerap kali dihadapi titik masyarakat Rimba ketakutan kalau pendidikan akan mengubah adat-istiadat mereka. Namun, Butet bersikeras, tidak patah semangat, dan terus berusaha meyakinkan masyarakat setempat. Tantangan lainnya adalah hanya anak laki-laki yang boleh bersekolah. Adat masyarakat Rimba mengharuskan perempuan dilindungi dari sekolah titik meskipun sekolah memiliki manfaat kebaikan Oma orang limbah menganggap bahwa sekolah juga memiliki bahaya sehingga perempuan tidak boleh sekolah pun tidak mau mengganggu adat-istiadat yang sudah ada sejak lama di masyarakat Rimba tersebut. Terhitung hingga saat ini sekolah Rimba sudah menjangkau wilayah lain di Indonesia hingga mencapai 16 titik. Beberapa di antaranya adalah Flores Halmahera, Bulukamba (Sulawesi),Pulau besar dan Gunung Egon, Aceh Yogyakarta, Makassar, Klanten, dan Sumba 1.Berdasarkan teks tersebut, pilihlah salah satu jawaban yang benar. Jika ingin menelusuri informasi tentang Butet Manurung, kata kunci apakah yang akan kamu gunakan?​


Jawaban:

1.Sokola Rimba hanyalah sebuah danau kecil tidak berdinding dan selalu berpindah-pindah.

Kendati demikian tidak semua niat baik bisa diterima dengan baik juga. Ada tantangan yang kerap kali dihadapi titik masyarakat Rimba ketakutan kalau pendidikan akan mengubah adat-istiadat mereka. Namun, Butet bersikeras, tidak patah semangat, dan terus berusaha meyakinkan masyarakat setempat.

Penjelasan:

Maaf kalau salah :)


9. Waktunya kuis![ Jangan ngaku hebat, kalau belum bisa jawab soal ini! ]-Vino, dan Vina adalah sepasang kakak adik yang kelihatannya tidak akur dan sering bertengkar, Vino sangat membenci adiknya, Vina. Namun ketika sedang berada di luar rumah, seperti sekolah, mereka selalu menunjukan rasa saling mencintai, mereka hanya berbeda 2 tahun. Mereka tinggal sendirian dirumahnya, orang tua mereka telah meninggal dunia akibat kecelakaan di pesawat sejak Vino berumur 10 tahun. Sekarang Vino telah berumur 17 tahun. Suatu hari, ditemukan mayat Vina didalam kamar, Vino menangis di depan teman-temannya dan teman Vina. Polisi sedang mencari tau siapa pembunuh Vina. Kira-kira siapa ya pembunuh Vina? Saat terjadi pembunuhan itu, pintu rumah terkunci rapat, dapatkah kamu menjawabnya, orang jenius?Ayo buktikan kejeniusan kalian pada semua orang di Brainly!​


Jawaban:

pembunuhnya adalah vino kakak dari vina

Jawaban:

Vino karena dia mengunci pintu rumah dan kabur ke temannya dan dia mengajak ke rumah

Penjelasan:

maaf kalo salah


10. 1. sebutkan tiga kegiatan kreativitas seorang siswa yg dpt diajukan setelah pulang sekolah2. selalu bertanya apabila menghadapi permasalahan dan berpikir untuk mencari tahu jalan keluarnya merupakan contoh pengembangan kreativitas dalam bentuk .....3. utk mengatasi kelebihan penawaran pada daerah yg kelebihan sumber daya & kekurangan pada daerah yg kurang sumber daya dengan melakukan distribusi barang dan jasa. pada saat melakukan kegiatan distribusi dpt dilakukan diantaranya melalui ......4. kunci kesuksesan yg paling mendasar adalah ....tolong dijawab ya kak:)


No1.Yaitu:Seperti ganti baju,makan,mandi,tidur,belajar lagi,melihat/membuka buku lagi. No4.Kunci kesuksesan yaitu rajin belajar tdk malas pandai mengatur waktu dan juga mengatur diri sendiri

11. Sudah seminggu ini Aryo berkelakuan tak sepers biasa. Bocah itu nampak murungdan selalu mengurung diri di kamamya Padahal, biasanya Aryo adalah anak yang ceriaMemang, sehari-hari isa tak seceret Winda adiknya. Tapi Aryo bukanlah anak pendiamwalaupun beberapa hal agak tertutup. Sebagai ibunya, ada perasaan khawatir jugakenapa Aryo jadi lebih suka masuk kamar tiap pulang sekolah. Padahal biasanya pulangsekolah Aryo langsung menemuiku dan sibuk bercerita ini itu, terutama tentangteman-temannya di sekolahPernah suatu kan kutegur jagoanku itu, ketika untuk ketiga kalinya ia langsung masukkamar sepulang sekolah dan tak keluar tagi sampai sore hari saat waktunya mandiKuketuk pintu kamarnya yang temyata tak terkunci dan sambil duduk di tepi ranjangusap kepalanya yang sedang telungkup di bantal"Kenapa sih Nak? pancingku lembut. "Ada masalah di sekolahmutKepalanya menggeleng"Tapi. Bunda lihat tiga hari ini kamu kamu murung terus?"Tak ada reaksi.Kamu gak mau cerita sama Bunda?"Tetap tak ada jawabanAku menghela napas oke. lah kalau kamu gak mu conta. Bunda juga nggakapa-apa. Tapi, kalau kamu ada masalah sama teman-temanmu atau sama guru d sekoahcentakan sama Bunda kalau kamu sudah siap ya?Aryo tetap tengkurap. Setelah menunggu beberapa saat tatap tak adakeluar kamarnya dengan hati gundahTuliskan latar kutipan cerpen di atas beserta kutipan conta untuk mendukungjawabanmu!jawabbbb?​


Jawaban:

di rumah yaitu di kamar


12. Sudah seminggu ini Aryo berkelakuan tak seperti biasa. Bocah itu nampak murung dan selalu mengurung diri di kamarnya. Padahal, biasanya Aryo adalah anak yang ceria. Memang, sehari-hari ia tak secerewet Winda, adiknya. Tapi, Aryo bukanlah anak pendiam, walaupun dalam beberapa hal agak tertutup. Sebagai ibunya, ada perasaan khawatir juga, kenapa Aryo jadi lebih suka masuk kamar tiap pulang sekolah. Padahal, biasanya pulang sekolah Aryo langsung menemuiku dan sibuk bercerita ini itu, terutama tentang teman-temannya di sekolah. Pernah suatu kali kutegur jagoanku itu, ketika untuk ketiga kalinya ia langsung masuk kamar sepulang sekolah dan tak keluar lagi sampai sore hari saat waktunya mandi. Ku ketuk pintu kamarnya yang ternyata tak terkunci dan sambil duduk di tepi ranjang, kuusap kepalanya yang sedang terlungkap di bantal. “Kenapa sih, Nak?” pancingku lembut. “Ada masalah di sekolahmu?” Kepalanya menggeleng. “Tapi, Bunda lihat sudah tiga hari ini kamu murung terus?” Tak ada reaksi. “Kamu nggak mau cerita sama Bunda?” Tetap tak ada jawaban. Aku menghela napas. “Oke, deh ... Kalau kamu nggak mau cerita, Bunda juga nggak apa-apa. Tapi, kalau kamu ada masalah sama teman-temanmu atau sama guru di sekolah, ceritakan sama Bunda kalau kamu sudah siap ya?” Aryo tetap tengkurap. Setelah menunggu beberapa saat, tetap tak ada reaksi, aku keluar kamarnya dengan hati gundah. (Zhakiyah Yunarwati, “Flu Burung”)soal:1. Tulislah tokoh dan karakternya dalam kutipan cerpen tersebut, berikut kutipan cerita untuk mendukung jawabanmu!2. Jelaskan nilai kehidupan yang tergambar dalam kutipan cerpen tersebut!3. Jelaskan kutipan cerpen tersebut termasuk bagian struktur yang mana! Berikan alasanmu!4. Sudut pandang yang terdapat pada cerita Flu Burung adalah?bantu jawab ya ^^​


Jawaban:

1 -aryo

-winda

-ibunya aryo


13. A Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!Kutipan Cerpen 1Meski uang dalam amplop itu ditemukan diluar sekolahan Andi tetap mengembalikannyake sekolah la tidak punya cara lain. Jadi, ketikaistirahat. And berniat menyerahkan amplop itukepada petugas yang bertanggung jawab ditempat yang khusus disediakan sekolah untukmenampung barang yang hilang.Sudah beberapa bulan sekolahmenyediakan fasilitas untuk menampungbarang hilang. Tempatnya di aula, hanyasebuah meja dan kursi serta buku dan bolpoin,di dekat pintu Petugasnya, staf tata usahasekolah, yang bertugas bergiliran. Sebuahpapan pengumuman berupa papan tulis kecilputih ditempel di tembok. Ditulis dengan spidol,terpampang daftar barang hilang apa sajayang tersimpan di sana, serta lokas, hari, danjam ditemukannya barang itu. Petugas akanmenyimpan barang temuan di laci meja.Sebelum Andi mencatatkan amploptemuannya, ia membaca dipaparpengumumansejumlah barang yang ditemukan dan belumdiketahui siapa pemiliknya. Ada pulpen,kacamata, buku tulis, kunci, bros, dan lain-lainJadi, setidaknya saat itu, amplop temuannyamerupakan barang hilang yang palingmahalBeberapa siswa juga menyempatkan dinmembaca daftar barang yang hilang. Andmenduga mereka adalah anak-anak yangkehilangan barang miliknya.Setelah selesai menyerahkan amploptemuannya, Andi merasa lega. Rasanya bebanyang menggayut di pundaknya telah lepas.1. Tentukan judul cerpen yang kamu sukai ?2. Tentukan unsur intrinsik ?3. Tentukan unsur ekstrinsik ?#tolong dijawab dengan benar dan secepatnya dikumpulkan​


Jawaban:

1. Andi anak jujur

2. -tokoh:•andi

•petugas dan

• siswa

- alur : maju

- tema : kejujuran

-amanat : kita harus jujur dan mengembalikan barang yang bukan milik kita


14. 9=laatikan10.Pernolmeah mevrhatikan teks berikut untuk menjawab soalmor 6-101Kebersihan lingkungan sekolah merupakanlah satu faktor penting dalam kelancaran proses.É™lajar-mengajar di sekolah. Lingkungan yang-batas-arsih akan membawa kesan lingkungan indahin asri. Dampaknya akan menciptakan sebuahenyamanan sehingga siswa maupun guru bisabih fokus terhadap materi. Namun, faktanyaasih banyak siswa-siswi yang belum sadarang dikian kebersihan lingkungan, di antaranya sukaemiliki embuang sampah tidak pada tempatnya. Masihelah minyak sampah yang dibuang di laci, di selokan, diYanan, ditinggal di sembarang tempat, bahkan adalllkl kaing membuangnya di taman sekolah.Setiap berbicara mengenai masalah keber-ma ghan lingkungan sekolah, sampah memangjenjadi masalah utamanya. Menanamkan kesadar-pentingnya membuang sampah pada tempatnyajak dini. Hal tersebut dilakukan melalui sosialisasilaupunmemasukkan ke dalam peraturanVakil skolah yang mengikat warga sekolah. Setelahebiasaan membuang sampah pada tempatnyadeka dah tertanam, kewajiban pihak sekolah untukblik senyediakan jumlah tempat sampah yang lebihanyak. Hal ini untuk memudahkan wargablik ekolah membuang sampah. Di dalam kelas harus345arsedia tempat sampah, di luar kelas juga harusduoda, kemudian di tempat-tempat strategis, sepertimeantin, UKS, dan kamar mandi.de3. Judul yang tepat untuk teks di atas adalah ....a. Kantin Sekolahlab. Kebersihan Kantin Sekolahc. Kebersihan Lingkungan Sekolahd. Sampah di SekolahpekeletjutbisJahanstrmpampurapasebahim7mKata kunci yang terdanat nada toko di aton​


Jawaban:

lingkungan yang batas-arsih

Penjelasan:

karena di dalam cerita menceritakan tentang lingkungan


15. Bahaya Jajanan Tidak Sehat di Sekitar SekolahTerik matahari seakan membakar siang. Sekelompok siswa SD berhamburan keluar darisekolah. Di depan sekolah, berbagaijenis jajanan sudah berjajar menantipelanggan ciliknyaPanasnya siang membuat para siswa tak segan merogoh uang di sakunya untuk membeliminuman dingin berwarna merah menyala. Sebagian lagi membeli bakso bertusuk lidi yangdicelup ke dalam saus yang tak kalah merah warnanya. Anak-anak tersebut tidak sadar betapabahaya menanti mereka. Mereka tidak paham bahwa beberapa tahun ke depan, merahnya sirupdan saus tersebut akan menggerogoti organ tubuh mereka.Pengawasan Badan POM dalam lima tahun terakhir menunjukkan, masih banyak jajanan anaksekolah yang tidak sehat. Dari hasil pemantauan, jajanan anak berkisar 40-44 persen mengandungrhodamin, formalin, boraks serta pemanis buatan dalam kadar tinggi sering kali ditemukan di antarajajanan di sekitar SD. Sesungguhnya rhodamin adalah zat pewarna tekstil. Sementara itu, formalinadalah bahan pengawet yang juga dipakai untuk mengawetkan jenazah. Adapun boraks adalahbahan kimia yang kerap dipakai sebagai pencampur dalam pembuatan deterjen. Bayangkan reaksiorgan tubuh kita ketika menerima bahan-bahan kimia berbahaya tersebut WUN.Apakah isi bacaan di atas sudah sesuai dengan kata kunci yang terdapat dalam bacaan?Tuliskan isi bacaannya!Jawab:​


Jawabannya ada di gambar


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Luar Sekolah"